Sembunyikan Menu dengan Registry Editor  

Posted by banzai in

Sembunyikan Menu dengan Registry Editor

Banyak menu yang penampakannya tidak terlalu penting khususnya untuk beberapa user. Bahkan tidak jarang menampakkan menu dapat membuat user yang tidak kompeten melakukan perubahan-perubahan yang sifatnya merusak atau mengganggu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda melakukan hal ini jika memang dianggap perlu.

Sembunyikan Menu Find

Anda dapat menyembunyikan menu Find agar user yang sedang menggunakan komputer Anda tidak dapat menggunakan menu ini untuk kepentingan yang tidak diinginkan. Misalnya mencari dokumen yang tidak seharusnya dapat ia temukan. Caranya: masuklah ke dalam HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Kemudian pada halaman di sebelah kanan klik kanan dan pilih New, DWord Value. Lalu berikan nama ‘NoFind’. Setelah itu klik ganda pada DWord ‘NoFind’ dan berikan nilai 1.

Sembunyikan Recent Doc...

Penyembunyian shortcut-shortcut pada recent document akan menutup kemungkinan file sebelum untuk terakses dengan orang lain. Sehingga orang lain tidak akan mengubah file yang baru saja Anda buka. Cara menyembunyikannya buka HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Lalu buat DWord baru seperti langkah di atas dan berikan nama ‘NoRecentDocsMenu’.
Kemudian berikan nilai 1 pada DWord baru tersebut. Maka, recent document Anda tidak akan lagi memunculkan isinya.

Sembunyikan Log Off
Log off disembunyikan agar seseorang tidak sembarangan menggunakan login ID yang lain selain yang diperbolehkan. Log off ini sangat berguna juga bagi komputer yang digunakan dalam penyewaan. Cara menyembunyikan opsi ini adalah buka HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Lalu klik kanan pada bagian sebelah kanan dan pilih New, Binary Value. Berikan nama padanya ‘NoLogOff’. Kemudian klik ganda pada Binary yang baru dan masukkan nilai 01 00 00 00.

Sembunyikan Menu Run
Anda dapat juga menyembunyikan menu Run. Mengingat menu run dapat membuat seseorang menjalankan beberapa aplikasi tertentu yang berbahaya bagi system seperti regedit, msconfig, dan masih banyak lagi. Cara menyembunyikannya sama dengan langkah-langkah berikutnya, yaitu masuk ke HKEY_CURENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Lalu buat DWord baru dan berikan nama ‘NoRun’. Kemudian berikan nilai 1 pada DWord baru tersebut.

Share
This entry was posted on Saturday 28 June 2008 at Saturday, June 28, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment

Daftar Paypal disini !!!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments 
instantly.